Ticker

6/recent/ticker-posts

Silek Minangkabau


Penulis :  Melisa Afriyani 

Jurusan : Sastra Minangkabau

Universitas Andalas



Minangkabau merupakan daerah yang bisa disebut juga dengan daerah yang kaya adat istiadatnya. Daerah-daerah yang termasuk Minangkabau adalah daerah Sumatra Barat. Di Minangkabau juga banyak terdapat tradisi-tradisi yang sangat unik, selain tradisi ada juga adat, adat Minangkabau ini sangat kental dan masih menggunakan adat pada zaman dulunya. Minangkabau juga terkenal dengan masakan yang sangat enak sampai masakan nya terkenal sampai dunia internasional. Sala satu masakannya khas Minangkabau yaitu rendang. Bahkan orang Minang ini banyak sekarang membuat rumah makan, yang diberi namanya rumah makan Padang. Orang Minang ini juga terkenal dengan kesenian Minangkabau seperti silek. Silek merupakan salah satu seni bela diri tradisional khas etnis Minangkabau yang berasal-usul dari wilayah Sumatra Barat di Indonesia. Silek ini sudah terkenal dimana-mana bahkan sampai ke negara lain. Kalau dilihat dari sekarang silek ini sudah mulai memudar karena peminatnya bisa dikatakan sedikit. Dengan tidak memudar nya silek ini, sekolah-sekolah harus mengadakan ekstrakurikuler baik sekolah SD, SMP, SMA. Gunanya mengadakan silek ini supaya bisa menjaga dirinya dari orang jahat. 

Dari yang saya meneliti di Nagari Paritmalintang, kecematan Enam Lingkung. Silek ini masih berkembang atau masih dilakukan setiap hari yaitu pada hari Kamis sore dan Minggu sore. Kegiatan ini diadakan di SMA N 1 Enam Lingkung. Pemain silek ini dari SD, SMP, SMA, dan bahkan ada juga yang sudah tamat sekolahnya. Guru besarnya bernama Bapak Darmon S.H. atau bisa dipanggil juga Uncu Darmon. Club silek ini bernama SMI Unit Paritmalintang, kepanjangan dari SMI ini yaitu Satria Muda Indonesia. Ada juga murid dari guru tersebut yang bisa dipercayai untuk melatih anak-anak silek ini ada juga yang bernama bang Andi dan kak fiqi. Aliran silek yang dipakai yaitu aliran Satria Muda Indonesia.

Dari yang saya teliti tersebut club sileknya ini sudah terkenal bahkan banyak menjuarai festival silek.

A. Berikut nama-nama yang pernah menjuarai tingkat provinsi yaitu ;

- Juara 1 klas K usia dini (Juan)

- Juara 1 klas L usia dini (Samuel)

- Juara 3 klas A usia dini (Ali Ahmad)

- Juara 3 klas B usia dini (Abdal Aziz)

- Juara 3 klas D remaja putri (Aisyah)

- Juara 3 Klas B remaja putra (Pajri)

- Juara 3 klas D Pra remaja putri (Raysa)


B. Jumlah dan nama jurus/ gerakan silek yang saya teliti yaitu = 

     - Langkah dasar 20 ini adalah langkah dasar untuk murid baru seperti kuda-kuda dasar.

     - Hormat kaidah adalah gerakan untuk memberi hormat terhadap sesuatu atau orang lain. Pencak silat dimulai dengan gerakan berdoa, sikap siap, salam hormat, sikap jabat tangan, sikap duduk dalam pertandingan silat.

    - Kombinasi kobra ini lebih ke seni

    - Pukulan

    - Fk1 (Faktor Kesulitan 1)

    - Fk2 (Faktor Kesulitan 2)

    - Tunggal

C. Fungsi jurus/ gerakan

1. Langkah dasar 20 ini fungsinya sebagai dasar pijakan agar berdiri kuat, serta memosisikan diri di area tarung yang menguntungkan.

2. Pukulan  

- Melawan musuh 

Teknik pukulan dalam pencak silat digunakan untuk melawan musuh. Sebagaimana olahraga bela diri lainnya, pencak silat bertujuan untuk membela diri. Maka dari itu, teknik pukulan sangat penting untuk melawan musuh yang menyerang, baik dengan menggunakan tangan maupun kaki. Pukulan yang dikeluarkan harus memiliki tenaga yang sesuai untuk melawan musuh agar memberikan efek jera. Untuk melawan musuh dari depan, gunakan pukulan ke arah depan dengan menjulurkan kepalan ke arah musuh.

- Melemahkan lawan

Pukulan juga bisa digunakan untuk melemahkan lawan dengan menyasar organ vitalnya. Pukulan seperti ini akan membuat lawan lemah dan tidak ingin melawan lagi. Arahkan pukulan ke organ vital yang disasar, biasanya ulu hati, namun pukul dengan tenaga yang pas dan tidak berlebihan. Ingat, tujuan utama adalah melemahkan lawan bukan membuat lawan sekarat karena inti dari seni bela diri adalah membela diri bukan menjatuhkan lawan dan menjadi yang terkuat.

- Melindungi diri

Pukulan tak hanya berfungsi untuk memberikan perlawanan pada lawan, tapi juga berfungsi melindungi diri dari serangan lawan. Teknik pukulan ini dilakukan dengan memukul lawan hanya jika ia melakukan penyerangan. Teknik pukulan ini dilakukan dengan cara memukul ke arah lawan dengan menggunakan tangan kanan atau tangan yang dominan, sedangkan tangan yang satu lagi menutup tubuh agar tidak terkena serangan lawan.

- Menghindari lawan

Pukulan dalam bela diri pencak silat juga berfungsi untuk menghindari lawan. Teknik ini dilakukan dengan cara memukul lawan untuk mengecoh perhatiannya. Lakukan pukulan ke depan untuk mendapatkan perhatian lawan, kemudian langsung serongkan badan ke samping lawan ketika ia memberikan perlawanan balik. Ketika itu pula, lancarkan pukulan selanjutnya ke arah badan lawan yang tidak terlindungi. Itulah beberapa fungsi pukulan dalam pencak silat yang perlu kamu ketahui. Untuk bisa menggunakan teknik pukulan dengan sempurna, lakukan latihan dengan sungguh-sungguh. Dan jangan lupa pula tetap mempertahankan kode etik atlet bela diri.

D Adapun syarat syarat untuk melakukan silek yaitu 

Syarat dan prosesi belajar Silek

1. kain putiah (kain putih) : pakaian murid itu adalah pakaian yang bersih, silek ini akan menjadi pakaian bagi murid, merupakan pakaian yang bersih

2. pisau : setelah latihan ini, maka si murid tidak akan dilukai oleh pisau, karena memiliki ilmu setajam pisau

3. lado kutu (cawe rawit), garam dan gulo(gula) : ilmu silat ini memakai raso (rasa), karena semakin mahir orang melakukan sesuatu biasanya mereka tidak berpikir lagi, tetapi menggunakan raso (perasaan). Contoh, ahli masak terkenal jarang menimbang bahan-bahan yang mereka butuhkan, tetapi tetap juga menghasilkan masakan yang enak dan khas, seperti itu pulalah silat nantinya pada tingkat mahir.

4. endong sapatagak (Baju Silat satu Stel) : Untuk mengajar silat kepada anak sasiannya (murid) 

seorang guru memerlukan pakaian silat yang bagus yang bisa dipakai selama melatih muridnya sampai tamat (Putuih Kaji), maka sudah sepatutnya dan sepantasnya bagi seorang murid untuk menyediakan seragam latihan bagi gurunya untuk melatih para muridnya,jangan sampai malah merepotkan guru yang akan menurunkan ilmunya kepada muridnya.

5. bareh jo pitih (beras dan uang) : belajar silat akan menyita waktu guru, oleh karena itu sudah menjadi kewajiban bagi murid mempertimbangkan nilai dari waktu yang dihabiskan oleh guru. Di samping itu beras yang dibawa juga akan dimakan bersama sesama anggota sasaran silek (tempat berlatih silat dinamai sasaran ada juga yang menyebut laman ). Nilai uang dan beras tidak ditentukan jumlahnya. Namun setidaknya beras itu dibawa satu atau dua liter, sedangkah untuk uang, itu terpulang kepada kemampuan ekonomi si murid untuk mempertimbangkannya.

E. Teknik teknik dasar silek 

1. Teknik kuda-kuda

2. Teknik pasang

3. Teknik pola langkah

4. Teknik arah atau delapan arah penjuru mata angin

5. Teknik pukulan

6. Teknik tendangan

7. Teknik tangkisan

8. Teknik kuncian

9. Teknik guntingan

10. Teknik berbaring

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS