Ticker

6/recent/ticker-posts

PEMIMPIN DI MINANGKABAU “TUNGKU TIGO SAJARANGAN


Foto dok


Oleh​: Angely Dlya Mahasiswa Sastra Minangkabau Unand

Pemimpin di Minangkabau yaitu yang didahululukan selangkah ditinggikan seranting. Didahulukan selangkah, maksudnya agar jangan terlalu jarak dengan yang dipimpinnya. Ditinggikan seranting agar tidak ada pemisah antara pemimpin dengan pemimpinnya. Pemimpin di Minangkabau harus dekat dengan yang dipimpinnya. Pemimpin di Minagkabau adalah orang biasa yang berasal dari anggota kaumnya yang kemudian dengan kesepakatan kaum dipilih dan dibesarkan. Seorang pemimpin tersebut dibesarkan oleh yang dipimpinnya. Seperti diungkapkan pepatah minang :

Urang nan diambang gadang

Nan dianjuang tinggi

Kusuik nan kamanyalasikan

Karuah nan kamanjaniahkan

Takalok nan kamanjagoan

Lupo nan kamaingekan

Panjang nan kamangarek

Singkek nan kamauleh

 

Di Minangkabau pemimpin dikenal sebagai “TUNGKU TIGO SAJARANGAN” yang terdiri dari tiga jenis pemimpin yaitu Niniak mamak, Alim ulama, Cadiak pandai.

Pertama, Panghulu

Penghulu atau disebut juga Niniak mamak, biasanya penghulu ini dipanggil dengan sebutan Datuak. Penghulu bertugas memimpin kaumnya, kaum ini terdiri dari orang orang yang sesuku dengan penghulu ini. Kepemimpinannya sangat dihargai dan dihormati, tugasnya amat mulia. Kewajibannya memimpin serta mengajari anak kemenakannya dan masyarakat nagari. Fungsi kepemimpinannya ini diungkapkan kato pusako yaitu :

Penghulu di Minangkabau

Ibaraik kayu gadang di tangah koto

Ureknyo tampek baselo

Dahannyo tampek bagantuang

Daunnyo tampek balinduang kapanehan

Tampek bataduah kahujanan

Batangnyo tampek basanda

Ka pai tampek batanyo

Ka pulang tampek babariti

Pusek jalo pumpunan ikan

Hukumnyo adia, katonyo bana.

 

Ia juga berkewajiban memelihara harta pusaka dan adatnya. Seperti yang diungkapkan pepatah minang : 

Penghulu di Minangkabau

Manuruik alua jo patuik

Manampuah jalan nan pasa

Mamaliharo harato pusako

Sarato mamaliharo adatnyo.

 

Seorang penghulu akan dihormati dan dijadikan raja oleh anak kemenakan serta masyarakat jika melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan benar. Diungkapkan dalam pepatah minang :

Kamanakan barajo ka mamak

Mamak barajo ka penghulu

Penghulu barajo ka mufakauik

Mufakauik baro ka nan bana

Bana badiri sandirinyo

Bana manuruik alua jo patuik

 

 

Penghulu di Minangkabau dalam memimpin kaumnya dibantu oleh pemimpin lainnya yaitu alim ulama dan cadiak pandai.

Kedua, Alim Ulama

Alim ulama di Minangkabu disebut juga sebagai suluah bendang dalam nagari maksudnya yaitu sebagai penerang dalam suatu nagari. Alim ulama ini berasal dari anggota masyarakat yang mengerti dan paham tentang agama islam. Sebutan untuk alim ulama biasanya adalah malin, tuangku, atau syiak. Alim ulama atau malin bertugas membantu penghulu melaksanakan tugasnya. Ia memberi pertimbangan atau masukan yang berkaitan dengan hal hal yang menyangku dengan agama. Keputusan yang akan diambil oleh penghulu ini akan selalu meminta pendapat alim ulama terlebih dahulu. Selain itu beliau juga bertugas memimpin upacara pernikahan, kematian, dan upacara keaagamaan lainny, serta menjadi imamdan khatib.

Tugas lainnya adalah membimbing masyarakat dan anak anak dalam nagari dalam bidang agama. Memberikan Pendidikan tentang agama di surau kepada anak anak,serta membimbing anak anak sesuai ajaran agama islam untuk menunaikan ibadah sholat serta ibadah ibadah lain dalam agama islam. Pelajaran akhlak dan bidang keagamaan menjadi tanggung jawab alim ulama ini. Seperti kata pepatah minang :

Suluah bendang dalam nagari

Palito nan indak amuah padam

Duduaknyo bacamin ka kitab

Tagak nan rintang jo pituah.

 

​Ketiga, cadiak pandai

Di samping ninik mamak dan alim ulama masih ada pimpinan yang lain yakni cadiak pandai (cerdik pandai). Cadiak pandai yaitu kelompok masyarakat yang berpengetahuan umum luas. Ia memiliki wawasan tentang kemasyarakatan, pengetahuan kemasyarakatan, dan menerapkan pengetahuan itu dalam kehidupan. Mereka menggunakan semua penge tahuan itu untuk kepentingan orang banyak. Golongan ini mendapat tempat yang terhormat di dalam masyarakat, karena itu ia dianggap pemimpin pula.

Cadiak pandai, selain berpengetahuan, ia juga arif dan bijaksana. Seperti diungkap kan di dalam kato pusako (kata pusaka):

Urang nan cadiak candokio

tau jo ereng dengan gendeng,

tau jo latiang kamanganai,

tau jo runciang kamancucuak,

alun takilek lah takalam,

takilek ikan dalam aia,  

lah tantu jantan batinonyo.

 

Cadiak pandai, juga bertugas membantu pengulu dalam bidang-bidang yang bersifat umum. Ia memberikan pertimbangan sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya. Kepada masyarakat, ia juga memberikan bimbingan. Jika masyarakat menghadapi masalah, ke mudian datang kepadanya untuk meminta pendapat, ia berkewajiban memberikan bantuan. Kemudian dari cadiak pandai juga muncul ide serta gagasan untuk memajukan kehidupan masyarakat. Jadi cadiak pandai berfungsi sebagai pemikir ditengah-tengah masyarakat Minangkabau. Pepatah minang menyebut :

Kato manti kato dubalang

Dubalang kato mandarah

Jauah hari pandai batenggang

Nan singkek dapek diulehnyo.

 

Ketiga pemimpin itu merupakan "tungku tigo sajarangan" di Minangkabau. Kehadiran ketiganya diperlukan, dibutuhkan, dan diharapkan oleh masyarakat. Saling bertukar pendapat dalam memtuskan suatu keputusan, seperti diungkapkan dalam pepatah minang :

Saciok bak ayam

Sadancing bak nasi

Saiyo sakato

Duduak samo randah

Tagak samo tinggi

 

Niniak mamak pemangku adat mengurus masalah-masalah yang berhubungan dengan adat, alim ulama mengurus masalah keagamaan, dan cadiak pandai mengurus masalah umum kemasyarakatan. Ketiganya saling mengisi dan saling mendukung dalam melaksanakan fungsinya. Pepatah minang mengatakan  

Basilang kayu dalam tungku

Di sinan api mako iduik

Si situ nasi mako masak

 

Tugas dan tanggung jawab para pemimpin tersebut tidaklah mudah, selain bertanggung jawab kepada masyarakat kaaum atau nagari mereka juga akan mempertanggung jawabkan kepada allah diakhirat nanti terhadap apa yang telah ia lakukan sebagai pemimpin.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS