Ticker

6/recent/ticker-posts

PERAN PEMUDA DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI PERTANIAN ORGANIK DIMASA PANDEMI COVID 19


Penulis: Pancolo Agung Nur Pamuji

Indonesia dengan kekayaan alamnya yang berlimpah, tanah yang subur, dan lingkungan yang mendukung sehingga apa yang ditanam akan tumbuh dengan subur membuat negara ini di kenal dengan negara agraris. Sektor pertanian menjadi mata pencaharian utama masyarakat indonesia, sektor ini sangat menjanjikan karena sebagai sektor kebutuhan pokok masyarakat. Menurut data BPS pada tahun 2020, persentase jumlah tenaga kerja informal di sektor pertanian mencapai 88, 57 %, bisa di bayangkan hampir sebagian masyarakat indonesia menekuni pekerjaan sebagai petani.

Sektor pertanian dalam beberapa dekade terakhir menjadi sektor yang memiliki pertumbuhan yang sangat signifikan, banyak masyarakat yang menjadikan sektor pertanian menjadi matapencaharian mereka, dan tidak luput juga mulai banyak anak muda yang menekuni sektor pertanian. Generasi muda sangat di butuhkan untuk percepatan sektor pertanian serta modernalisasi pertanian menghadapi era 4.0. Dimana sektor pertanian akan dilengkapi dengan mesin otomatis yang terintegritas dengan sistem internet dan pola hidup masyarakat yang berubah .

Pada saat ini kita masih berjuang melawan musuh besar pandemi COVID-19 dimana masyarakat membutuhkan konsumsi produk pertanian yang sehat, aman dan bebas bahan kimia, kebutuhan gizi yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kesehatan tubuh menjadikan sektor pertanian organik mulai di minati masyarakat dikala pandemi.

 Peningkatan ini sesuai dengan program pemerintah terkait ketahanan pangan yaitu terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah mutunya,aman, beragam,bergizi,merata dan terjangkau. Serta tidak bertentangan dengan agama dan keyakinan


budaya masyarakat untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan. Komsumsi pangan yang sehat tercermin pada pertanian organik, dikarenakan pertanian organik bebas dari bahan kimia yang dapat merusak tubuh manusia, Sehingga akan terciptanya ketahanan pangan bagi seluruh masyarakat indonesia dari sabang sampai merauke. 


Dimasa pandemi saat ini Peningkatan kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat sangat pesat dengan mengkonsumsi produk pertanian organik bebas dari bahan kimia. Untuk membentuk penyadaran budidaya organik memang memakan waktu yang cukup lama,dibutuhkan ketelatenan dan kesabar. Salah satu upaya untuk mewujudkan cita cita ini adalah peran dan dukungan kaum muda. Perlu adanya peran pemuda untuk menjadi petani, karena pola pikir pemuda yang modern dan lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan.sehingga upaya penerapan budidaya pertanian organik dapat berkembang pesat.

Peran generasi muda dalam membangun sistem pertanian organik sangatlah penting untuk meningkatkan produktifitas pertanian organik yang masih kalah dengan sistem pertanian konvensional yang di terapkan petani saat ini. Oleh karna itu perlu adanya dorongan dari generasi muda untuk menggalakkan sistem pertanian organik pada saat ini. Seorang generasi muda harus memiliki inovasi,motivasi serta pola pikir produktif dalam bidang pertanian,sehingga pertanian organik di indonesia dapat di kenal oleh seluruh masyarakat dan produksi dari hasil pertanian organik dapat di minati pada saat ini.

Generasi muda yang memiliki pola pikir yang modern dapat mengelola pertanian organik dan selanjutnya mereka dapat memasarkan produksi pertanian organik dengan jangkauan yang sangat luas bahkan sampai ke mancanegara dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki saat ini. Pemuda juga diharapkan dapat melakukan  pendekatan kepada petani, peran pemuda sangat diharapkan oleh petani, karena kontribusi pemuda dibutuhkan bukti nyata dan hasil yang telah di implementasikan oleh para pemuda.


Giddens menggatakan “modernity is a risk culture” modernitas memang sangat berpengaruh pada bidang tertentu dan cara hidup tertentu, sama hal nya dengan sektor pertanian kita perlu adanya modernitas dari pertanian konvensional beralih ke pertanian organik.memang adanya modernitas ini terdapat resiko yang belum diketahui oleh era sebelumnya. Maka dibutuhkan orang orang yang kuat,tangguh , memiliki pengetahuan untuk melewati itu semua. Salah satu solusinya ialah pemuda, karena pembangunan dan kelanjutan pertanian tidak bisa di lepaskan dari peran pemuda. Pemuda yang merupakan iron stock yang akan mewarisi keberlangsungan pertanian indonesia harus memikirkan bagaimana pertanian berkelanjutan agar sektor pertanian tetap tumbuh dan diminati masyarakat indonesia.


Mengubah pola pikir petani merupakan salah satu pekerjaan rumah pemuda pertanian dimana setiap petani memliki pengalaman masing masing dalam berusahatani. Petani di usia lanjut sulit untuk menerima perubahan baik itu mengubah cara berfikir,cara kerja, cara hidup dan hal baru dalam menjalankan usahataninya. Sebagian besar petani indonesia merupakan petani usia lanjut dengan umur berkisar 50-65 tahun, Sehingga mereka berpikiran bahwa pola pikir mereka adalah yang paling benar dan paling tepat, apabila ada inovasi baru mereka akan  menanti terlebih dahulu dan melihat bukti nyatanya. Semakin banyak generasi muda mengembangkan sektor pertanian maka pola pikir petani semakin berkembang, ingin lebih tahu dan memiliki semangat baru dalam berusaha tani organik. Maka dari itu perlu adanya partisipasi pemuda dalam menjalankan usahatani organik, Disinilah kerja nyata pemuda harus di buktikan,sehingga sedikit demi sedikit dapat mengubah pola pikir petani tua.

Generasi muda pertanian sudah memulai untuk melakukan pengembangan pertanian organik, subsektor yang sangat diminati ialah hortikultura, karena memiliki keuntungan yang menjanjikan. subsektor hortikultura menjadi pilihan untuk pengembangan pertanian organik dengan menciptakan sayuran organik, buah organik yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Tren pertanian organik di masa pandemi mulai meluas, banyak masyarakat sudah memulai mengkonsumsi produk pertanian organik, masyarakat telah sadar akan kesehatan dirinya sehingga tren pertanian organik semakin diminati. Bukan hanya di kawasan pedesaan saja di perkotaan juga sudah banyak generasi muda yang telah mengembangkan pertanian organik, seperti urban farming menggunakan bahan organik sebagai faktor utama berbudidaya, bisa dilihat di beberapa halaman rumah masyarakat menggunakan hidroponik untuk bercocok tanam. Sebagian masyarakat  menggunakan nutrisi hidroponiknya dengan urine hewan, dan nutrisi lainnya yang menggunakan bahan organik. Ada juga yang berbudidaya tanaman yang menggabungkan budidaya tanaman dengan budidaya ikan, air kolam bisa digunakan sebagai nutrisi utama pada tanaman sayuran hidroponik biasanya disebut dengan aquaponik. Oleh karena itu Pengembangan pertanian organik sangat didukung oleh banyak kalangan baik itu pemerintah,akademisi,mahasiswa dan masyarakat. Dengan dukungan yang besar dari seluruh elemen tinggal pemuda memanfaatkan peluang untuk menjadikan pertanian organik sebagai patokan dalam  usahatani. Jadilah pemuda yang mencintai bangsanya dengan bertani, karena pertanian hidup matinya bangsa kita.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS