Ticker

6/recent/ticker-posts

Situs Cerdas Berbahasa



Kajian sosio-historis menyatakan bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan dalam menegakan identitas bangsa Indonesia. Hal tersebut menjadi bahasa Indonesia menepati urutan wahid dalam penegakan identitas bangsa Indonesia. Bahasa merupakan identitas suatu bangsa, bangsa di sini dapat diartikan suku yang menepati suatu daerah seperti bahasa Minang. Suatu titimangsa tertentu identitas adalah kebanggan tidak boleh hilang tentunya, artinya kehilangan bahasa Minang dapat berarti kehilangan suku asli Minangkabau juga tentunya. Sehingga bahasa tersebut tidak boleh dilupakan, dengan bahasa melahirkan gelora heroisme hingga semangat protektif menyala dalam diri dan akal setiap manusia. 

Seiring dengan pertumbuhan zaman tantangan dalam kebahasaaan dan kesastraan terus mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat menjadi keniscayaan yang tidak dapat terelakkan tentunya. Perlakuan ini disebabkan perubahan dari waktu ke waktu kebutuhan manusia mengalami perubahan. Perkembangan teknologi informasi yang pesat tersebut merupakan bukti dari era digital yang memberikan perubahan signifikan dalam kehidupan manusia, memberikan segala kemudahan dari fasilitas yang disediakannya.

 Perkembangan teknologi informasi berdampak besar dalam perubahan kebiasaan hingga tingkah laku masyarakat yang secara tidak langsung dalam kegiatannya. Teknologi informasi tersebut memungkinkan penggunanya menjelajahi ruang dan waktu tanpa batas, artinya pengguna bisa menggunakan teknologi tersebut dimanapun berada dan kapanpun tentunya. Survei yang dilakukan Bapan Pusat Statistik (BPS) Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan bahwa total pengguna internet di Indonesia adalah 196,7 juta pengguna atau setara dengan 73,3%  total penduduk di Indonesia, survei tersebut dilakukan di 78 kabupaten/kota di 33 provinsi ditahun 2020. 

Besar jumlah penggunaan teknologi informasi itu tentu memberikan dampak baik dan buruknya. Dampak baik penggunaan teknologi informasi tersebut jika dalam bidang wawasan kebahasaan tentu bisa menjadi media dalam pemberdayaan bahasa, pelestarian bahasa daerah hingga peningkatan mutu literasi masyarakat secara umum. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa dampak dari penggunaan teknologi informasi tersebut mencampuradukan dan penggunaan bahasa yang tidak sesuai konteks sering terjadi. Mau tidak mau, dampak tersebut mempengaruhi pola pikir penggunanya, khususnya generasi muda. Hal inilah menjadi perhatian khusus bagi pengguna bahasa untuk berpartisipasi aktif dalam menghindarkan pencampuradukan bahasa. 

Generasi muda saat ini lebih suka menggunakan bahasa yang ada di gawai mereka yang cenderung mencampuradukan bahasa Indonesia, daerah dan asing bukan sesuai konteksnya. Dampak tersebut terjadi dikarenakan kurang memahami pengetahuan mengenai wawasan kebahasaan. Pemahaman tersebut dapat ditingkatkan dengan pemanfaatan teknologi informasi, salah satunya situs cerdas berbahasa. Situs tersebut menjadi solusi cerdas dan inovatif dalam membantu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan penguatan literasi dan sosialisasi Trigatra Bangun Bahasa melalui krida "Situs Cerdas Berbahasa".

Situs cerdas berbahasa merupakan salah satu situs dalam mewujudkan insan berkarakter dan jati diri bangsa melalui ilmu bahasa dan sastra. Situs ini mampu mengakomodasi keinginan generasi muda dalam berinteraksi secara interaktif berpartisipasi dalam kebahasaan dan kesastraan. Situs tersebut menciptakan interaktivitas dalam menumbuhkan arti baru ketika diterapkan. Situs ini tidak hanya sekedar untuk disediakan, namun situs ini tentunya dijadikan sebagai media informasi kebahasaan dan kesastraan. Situs ini bisa menjadi media belajar yang efektif dalam memahami kebahasaan dan kesastraan juga tentunya, belajar mengenai beberapa informasi dan pengetahuan yang disajikan dalam situs tersebut.

Pembuatan situs ini harapannya untuk menjadi situs bermanfaat, berdaya saing dan berdampak bagi masyarakat luas. Sasaran situs ini adalah generasi muda Sumatra Barat  (15+-25 tahun). Sasaran situs ini dipilih generasi muda karena tidak dapat dipungkiri bahwa sketsa biografis hingga perjalanan bangsa Indonesia yang penuh dengan kobaran semangat patriotis tersebut digerakan generasi muda. Sasaran situs tersebut menjadi target pengguna situs ini, target dalam pengguna situs ini bisa mencapai tujuh puluh pengguna dalam waktu tiga minggu, namun tidak menutup kemungkinan untuk dibawah ataupun diatas umur tersebut. 

Menghilangkan pencampuradukan bahasa dapat dilakukan dengan situs ini, melalui situs ini mampu untuk menjelaskan, mendeskripsikan hingga memamparkan penggunaan bahasa Indonesia, daerah dan asing. Situs ini mampu menjadi cermin paling nyata dalam meningkatkan pemahaman kebahasaaan. Mencampuradukan bahasa tersebut bukan hanya menyoal bahasa itu sendiri. Lebih dari itu, menghilangkan pencampuradukan bahasa tersebut berarti menyelematkan identitas pengguna bahasa tersebut. Situs ini mampu menjadi suatu media solutif bagi setiap pengguna dalam memahami, mengerti dan menerapkan pengetahuan kebahasaan dan kesastraan yang disajikan dalam situs tersebut. Hal tersebutlah perlu dilakukan pengembangan terhadap situs ini, pengembangan situs ini tidak membutuhkan dana. Pengembangan situs ini dikembangkan secara digital. Hal yang dibutuhkan dalam pengembangan situs ini yaitu pengetahuan dan keterampilan dari pengembang situs tersebut. 

Situs ini berisi materi dan permainan (kuis) terkait kebahasaan. Materi yang disajikan dalam situs ini tentunya berkaitan dengan kebahasaan dan kesastraan seperti halnya mengenai trigatra bangun bahasa, pemahaman yang disajikan terdiri dari konsep, manfaat hingga pentingnya mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Situs ini juga menyajikan berbagai materi lainnya, harapan kedepannya situs ini mampu untuk mengakomodir beberapa ilmu dan pengetahuan kebahasaan lainnya, serta juga berisikan ajakan dan permintaan untuk menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Permainan kuis dalam situs inipun juga disajikan, kuis tersebut merupakan media uji bagi penguna dalam memahami dan mengerti pengetahuan yang dibaca sebelumnya. Kuis dalam situs ini berisikan sepuluh pertanyaan pilihan ganda tentunya dikarenakan agar pengguna dapat melihat secara langsung hasil yang dicapai tentunya. Selain menyajikan berbagai informasi pengetahuan kebahasaan dan permainan kuis dalam situs ini, situs ini juga menyajikan sebuah tautan evaluasi bagi setiap orang pengguna dalam menggunakan situs tersebut juga tentunya. Melalui segala isi dan informasi situs ini dapat meningkatkan pemahaman kebahasaan dan kesastraan hingga penguatan literasi bagi generasi muda Sumatera Barat.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS