Ticker

6/recent/ticker-posts

Tingkatkan Kesadaran dan Pemahaman Pentingnya Manajemen Keuangan Sejak Dini, Mahasiswa KKN UNAND Berikan Edukasi Pencatatan Keuangan Sederhana bagi Siswa SDN 11 Silokek, Kecamatan Sijunjung

 



Penulis: Hanniya Hazima, Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Andalas.


Pemahaman literasi keuangan yang dimiliki  seseorang dapat mempengaruhi terhadap perilaku keuangan. Pemahaman mengenai keuangan tidak hanya diberikan kepada orang dewasa tetapi juga perlu ditanamkan sejak dini yaitu dapat dimulai di bangku SD. Namun, pengenalan edukasi literasi keuangan di bangku SD di Indonesia masih tergolong rendah. Dengan memahami mengenai keuangan diharapakan dapat membentuk karakter bijak dalam mengatur keuangan mereka dan menghargai nilai uang. 


Berdasarkan fakta-fakta permasalahan yang ada diusungkan program kerja oleh salah satu mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Andalas, Hanniya Hazima yaitu memberikan pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan sederhana. Sasaran target dari program kerja ini adalah siswa SDN 11 Silokek. Dari pelaksanaan program kerja ini bertujuan agar siswa-siswa SD dapat mempelajari penggunaan uang sebaik mungkin dan menumbuhkan perilaku hemat. Dalam mengatur keuangan siswa SD dapat membedakan yang mana kebutuhan dan keinginan, menabung dan juga membuat pencatatan pengeluaran dan pemasukan keuangan bagi siswa.



Pelaksanaan progam kerja ini dilakukan pada hari Kamis (04/08/2022) kepada siswa di kelas 5 dan 6. Pemberian materi sosialisasi ini dibagi menjadi dua materi yaitu menabung sejak dini dan pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan sederhana. Pada materi menabung, para siswa diberikan pemahaman mengenai definisi, tujuan, manfaat dan kiat-kiat menabung. Salah satu dari kiat menabung adalah dengan membuat pencatatan pemasukan dan pengeluaran dari uang jajan yang dimiliki. Setiap siswa diberikan kertas yang berisikan tabel pembukuan sederhana agar dapat langsung diaplikasikan pencatatan keuangannya. 


Dengan adanya pemberian edukasi literasi keuangan pencatatan keuangan terhadap para siswa di SDN 11 Silokek diharapkan materi yang diberikan dapat diterapkan di kehidupan sehari-sehari. Selain itu juga, dapat menjadi motivasi bagi para siswa untuk dapat mengelola keuangan mereka dengan baik salah satunya dengan menerapkan menabung. Kebiasaan yang ditanamkan sejak dini ini dapat menjadi bekal untuk di masa yang akan datang.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS