Ticker

6/recent/ticker-posts

Kepala MAN 2 Padang Kenakan Pakaian Adat Demang Minang di Upacara HAB Kemenag ke-77


 Kepala MAN 2 Padang Kenakan Pakaian Adat Demang Minang di Upacara HAB Kemenag ke-77


Padang, Jurnalissumbar 


Kepala MAN 2 Padang, Akhri Meinhardi tampil gagah dengan balutan pakaian adat nusantara pada upacara Hari Amal Bhakti (HAB) kementerian agama (kemenag) RI ke-77, Selasa (03/01/2023) dilapangan Balaikota Padang.


Akhri Meinhardi tampil dengan balutan pakaian adat Demang Minang Kabau, yang ternyata disiapkan secara khusus untuk peringatan hari lahir kementerian agama tersebut.


Pakaian adat Demang Minang yang dikenakan Akhri Meinhardi cukup elegant . Ia memakai baju dan celana hitam yang dilengkapi dengan kopiah hitam. Kain songket Pandai Sikek yang dipakai juga serasi, yang membuat Akhri Meinhardi nampak gagah saat mengenakannya.


Songket Pandai Sikek adalah kain songket khas Pandai Sikek, Sumatera Barat. Bahan pembuatannya adalah benang berwarna emas dan perak. Pola motifnya terbagi menjadi dua jenis yaitu cukie dan sungayang.


“Pakaian yang saya pakai ini merupakan baju adat Demang Minang, yang dipadukan dengan ciri khasnya yakni kain songket pandai singkek asal Sumatera Barat," kata Akhri Meinhardi.


Dia menuturkan, pemakaian baju adat nusantara, disamping mengikuti aturan, juga sebagai bentuk pelestarian budaya nusantara yang beragam di Indonesia.


"Dengan mengenakan pakaian adat nusantara, tergambar keragaman suku dan budaya, sehingga peringatan HAB terasa berbeda, menarik dan meriah," ujar Akhri Meinhardi. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS