Ticker

6/recent/ticker-posts

Peringati Maulid Nabi, Civitas MAN 2 Padang Ingin Teladani Sifat Rasulullah


Peringati Maulid Nabi, Civitas MAN 2 Padang 


Padang, Jurnalissumbar 


MAN 2 Kota Padang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Ikhwanushafa, Senin (17/10/2022).  Diawali dengan pembacaan Al Qur'an Surat al-Ahzab Ayat 21 yang berisi bahwa pada diri Rasulullah itu terdapat suri teladan yang baik bagi manusia.


Dalam kesempatan itu kepala MAN 2 Kota Padang melalui wakil kepala (Waka) bidang humas Al Anshari mengajak civitas madrasah untuk meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.


"Mari kita terapkan nilai-nilai yang telah dicontohkan oleh Rasulullah, baik yang bersumber dari Al Qur'an maupun dari hadisnya," kata Al Anshari dalam sambutannya.


Menurutnya, peringatan maulid Nabi bukan hanya kegiatan seremonial yang diadakan setiap tahun, tetapi bagaimana umat menjadikan momentum peringatan sebagai kegiatan yang membekas dan mengaplikasikannya dalam kehidupan.


Sementara itu, Ustadz Prof. Dr. Ahmad Faisal, MA dalam tausiahnya mengatakan maulid Nabi menjadi momen peradaban umat manusia. Pasalnya, Rasulullah diutus untuk membawa peradaban ke seluruh alam.


"Tidak hanya manusia yang dapat rahmat, tapi seluruh alam. Nabi Muhammad diutus untuk membawa peradaban kepada makhluk seluruh alam," jelasnya.


Sebagai umat Nabi Muhammad, kata Ahmad Faisal manusia penting untuk mencontoh sifat-sifat Rasulullah yang mulia. Salah satunya saat Rasulullah sukses membawa risalah Islam ke muka bumi.


"Setidaknya jika ingin sukses dalam belajar, kita harus mencontoh sifat jujur Rasulullah karena kejujuran merupakan modal utama untuk menjadi sukses, itu yang harus kita tekankan pada diri kita," paparnya.


Lebih lanjut, ia menyampaikan manusia juga harus disiplin, punya kemampuan bekerja keras dan sungguh-sungguh dalam belajar. Menurutnya, hal-hal tersebut penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


"Itu semua sebagai bagian dari sifat-sifat Rasulullah yang perlu kita teladani dalam kehidupan sehari-hari jika ingin sukses. Warga madrasah harus mampu mentransformasikan nilai-nilai itu ke dalam dirinya," tutupnya.


Hadir pada kegiatan tersebut, para wakil kepala, Ka-TU, guru dan pegawai serta 1.425 siswa. Kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW juga di isi dengan pertunjukan Nasyid dari siswa MAN 2 Kota Padang. (ArulDp)

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS