Ticker

6/recent/ticker-posts

Limpapeh rumah nangadang



Oleh :NovfitaRismaYenni

(MahasiswaUniversitasAndalas, JurusanSastra Daerah Minangkabau)


Indonesia merupakan negara terbesar sekaligus negara yang berkepulauan yang memiliki luas wilayah 1.904.569 km2 serta dengan kepulauan dengan jumlah 17.504 pulau di indonesia. Indonesia yang kaya dengan beragam adat,suku,dan budaya dari 34 provinsi dari sabang sampai merauke. Dengan semboyan nasional”  Bhinneka Tunggal Ika “  bisa mempererat semua yang berbeda di indonesia dan mempererat persatuan Negara.Di setiap provinsi memiliki kekhasan tersendiri yang berupa pakaian adat,rumah adat,tarian adat,dan makanan.

Mengenai tentang keberagaman di indonesia, sumatra barat (Minangkabau) termasuk provinsi yang pekat dengan kebudayaan dan melestarikan adat.Minangkabau dikenal dengan ke khasan kesenian,masakan,pakaian dan alat musik beragam.Minangkabau dikenal degan orang yang ramah saat berbicara,berpakaia,dan mmiliki tata krama yang tinggi,dalam segi berpakaian  perempuan dan laki laki di minangkabau menutupi aurat (sopan) terutama bagi perempuan.

Perempuan dimaknai sebagai makhluk  yang memiliki kemuliaan atau kemampuan, makhluk tuhan yang istimewa harus dijaga yang mempunyai hati yang lembut. Perempuan di minagkabau berperan penting karna garis keturuanan di minakabau dari ibu(matrilineal)perempuan juga berperan penting dalam melestarikan nilai nilai adat di minang. Tidak hanya itu peran peranperempuan minang juga di sebut bundo kandung peranan perempuan disini sagat berguna karena bundo kandung di sebuah kaum di jadikan orang besar(pendidik) bagi kaum perempuan di suatu kaum. Perempuan minang masih mempertahankan adat dan budaya  terutama di pakaian adat nya atau hal dalam berpakaian.









Pakaian adat perempuan minang di pakai saat acara besar,upacara adat,hari besar nasioanal atau agama yang di gelar di rumah gadang atau museum istano basa pagaruyung bisa juga di tempat lain maka perempuan memakai baju bundo kandung atau baju limpapeh rumah nangadang. Pakaian ini melambangkan kebesaran perempuan di minangkabau dalam mengatur rumah tangganya  yang mempunya ciri khas di bagian kepala yang berbentuk seperti atap rumah gadang. Melihat dari segi pakaian gadih minang saat ini adanya kekhawatiran bundo kandung terhadap perempuan minang apakah pakaian adat ini akan belajut kedepannya atau tidak.  Pengaruh dunia luar mengakibatkan akan lupanya peranan bundo kandung  sebagai limpapeh rumah nangadang, dalam pandangan perempuan minang banyak yang tidak  tau tentang peranaan bundo kandung di minang.

Pakaian adat bundo kandung limpapeh rumah nangadang ini melambangkan kebesaran dan kemuliaan serta menjaga marwah perempuan  di minang.Limpapeh berarti tiang tegah dari bagunan adat minangkabau .Limpapeh berperan dalam memperkokoh dan menegakkan bagunan seperti peranan ibu dalam keluarga di sebuah rumah jika limpapeh roboh maka rumah juga roboh.Limpapeh rumah nangadang merupakan busana adat pakai ini berbeda di setiap daearah baik dari corak,warna,motif,hiasan dan bahan.Namun secara umum busanan adat inimemiliki kesaamaan pada bagian bagiannya,berikut bagian  dari pakaian adat limpapeh rumah nangadang

Tingkuluak

Merupakan penunup kepala berbentuk runcing atau gonjong,menyerupai gonjongan atap rumah gadang minangkabau yang memiliki dua tanduk.Bahan yang digunakan tingkuluak berupa kainsalendang ,biasanya di pakai untuk acara dan sehari hari.

Suntiang 

Hiasan pada kepala atau mahkota yang dipakai oleh pengantin perwmpuan

Baju Batabue

Baju batabue adalah baju penuh dengan hiasan benang emas.Motif hiasan benang benang emas bercorak melambangkan kekayaan minangkabau.Pada pinggir baju batabue ada batas yang di beri banang bewarna emas  disebut minsie. Baju batabue memiliki empat warna yaitu warna hitam,merah,biru dan lembayung.Minise adalah sulamayan yang menyimbolkan seorang wanita minang harus taat pad abatas batas adat hukum yang berlaku.



Lambak dan Salempang 

Lambak adalah kain atau sarung bawahan dari baju batabue sehingga menampilkan pemakainya memnjujung tinggi kesopanan,tertib,dan sedap di pandang mata.Bawahan ini merupakan kain songket atau berikat yang dihiasi denganminsie,warna lambak ini jenis warnanya pastel,gelap,atau cerah.

Salempang merupakan selendang yang di peruntukan untuk wanita yang telah menikah atau berkeluarga.Keguanaan salempang ini agar wanita minang yang mengenakannya dapat melanjutkan keturunan berupa cucu.

Galang dan Dukuah

Busana adat minangkabau ini dilengkapi dengan perhisaan berupa gelang dan dukuah .Galang atau gelang di pakai di bagian tangan sedangkan dukuah di pakai bagian leher.Umum nya seperti pakaian wanita daerah lainnya,penggunaan baju adat  minangkabau untuk wanita juga dilengkapi aksesoris seperti galang,dukuah(kalung) serta cincin.

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS