Ticker

6/recent/ticker-posts

Petani Sawah Tadah Hujan Dusun Nan IV Jorong Gantiang Sijunjung Inginkan Bantuan Pompa Air


Sijunjung, 

Sedikitnya, seluas 20 hektar lahan pertanian sawah tadah hujan terdapat di Dusun Nan IV Jorong Gantiang, Kenagarian Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, inginkan bantuan pompa air dari pemerintah dan berbagai pihak. 


Seorang petani Ali Nasrul (70) tahun mengaku memiliki lahan pertanian sawah tadah hujan di Dusun Nan IV Jorong Gantiang ini menginginkan adanya bantuan Pompa Air untuk dapat menghasilkan air mengairi sawah tadah hujan. Ali Nasrul mengakui luas lahan yang dimilikinya setiap saat panen padi jika lumayan bisa menghasilkan sebanyak 50 karung per panenannya, ukuran karung 50 kilogram, ungkapnya saat curhat dengan awak media ini di kedai kopi sakarek, Rabu 7 Juli 2021.


"Jika air sawah tadah hujan ini bisa diatur oleh sumber air guna mengairi sawah ini petani bisa turun ke sawah 3 kali dalam setahun," ungkap penduduk setempat yang memiliki sawah tadah hujan di Dusun Nan IV. 


Kalau diamati, inilah pungsinya Wali Jorong, dan Wali Nagari daerah setempat guna dapat membikin program usulan pada pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui dinas terkaitnya. 


Dan, tak tertutup kesempatan bagi pemerhati pertanian, politisi, birokrasi, dan pengusaha, dan perantau sukses bisa berempati untuk membantu agar lahan pertanian sawah tadah hujan bisa dimasuki air sawah saat musim kemarau. 


Nah, dengan sistim pemerintahan terendah di Propinsi Sumbar "Babaliak Kanagari" supaya dapat menumbuhkan sikap ke gotong royongan. 


Program pro aktif dari pemerintahan kenagarian setempat punya peluang guna menumbuhkan kembali sifat sifat ke gotong royongan. 

Dengan gotong royong rasa peduli dengan sesama akan lebih terjalin kembali. 

Rasa gotong tidak saja dengan menyumbangkan tenaga dan pikiran, namun berbagi ide cemerlang juga teramat dibutuhkan agar lahan sawah tadah hujan bisa diwujudkan agar adanya sumber air yang masuk ke sawah.(Obral Chaniago).

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS