Ticker

6/recent/ticker-posts

ALAHAN PANJANG EROPANYA KABUPATEN SOLOK

 




OLEH: RESMALA SARI

MAHASISWI SASTRA MINANGKABAU FAKULTAS ILMU BUDAYA UNAND


Alahan Panjang adalah sebuah daerah dataran tinggi yang berada di Kawasan Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Indonesia. Alahan Panjang adalah salah satu daerah terdingin di Indonesia karena Terletak di ketinggian antara 1.400 hingga 1.600 mdpl, Nagari terdekat yakni Air Dingin Barat, Salimpat, dan Sungai Nanam. Wilayahnya seluas 88,76 km². Jumlah penduduknya pada tahun 2008 adalah sebanyak 14.100 jiwa, dengan kepadatan 150 per km². Tinggi daerah ini dari permukaan laut adalah sekitar 1.450 m, dengan curah hujan rata-rata 212 hari per tahun.

Secara administratif, pemerintahan nagari Alahan Panjang berbatasan dengan:

Sebelah utara berbatasan dengan Nagari Simpang Tanjung nan IV, Kecamatan Danau Kembar.

Sebelah selatan berbatasan dengan Nagari Air Dingin

Sebelah timur berbatasan dengan Nagari Salimpat

Sebelah Barat berbatas dengan Nagari Sungai Nanam

Nagari Alahan Panjang terdiri dari 10 (sepuluh) jorong, yaitu: Alahan Panjang, Pangalian Kayu, Galagah, Taluak Dalam, Taratak Tangah, Batu Putiah, Taratak Galundi, Batang Hari, Usak, Padang Laweh

Alahan Panjang memiliki suhu paling dingin di Sumatra barat berkisar antara 10 hingga 14°C.

Suhu tertinggi harian sekitar 22°C, jarang turun di bawah 20°C atau melebihi 23°C.

Suhu rendah harian sekitar 13°C, jarang turun di bawah 11°C atau melebihi 14°C. Suhu terendah rata-rata harian terendah adalah 13°C pada tanggal 19 Juli.

pada 7 Mei, hari terpanas dalam setahun, suhu di Alahanpanjang biasanya berkisar dari 14°C hingga 22°C, sedangkan pada 18 Juli, hari terdingin dalam setahun, berkisar dari 13°C sampai 22°C

sehingga Alahan Panjang sering dijuluki sebagai “kota dingin tampa salju” jarak tempuh ke tempat ini dari kota padang kurang lebih 2 jam dengan melewati sitinjau lauik, dan solok, lubuak lasiah. Namuan ada juga jalan alternatif menuju Alahan Panjang tampa adanya macet dan hemat BBM Untuk rute tercepat dari pusat Padang-Alahan Panjang yang kali ini bakal melewati kawasan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya melintasi Jalan Bayang-Alahan Panjang.

Untuk rute detailnya, dari pusat Padang, ambil Jalan Prof. Dr. Hamka menuju Jalan Raya Padang-Painan. Ikuti Jalan Raya Padang-Painan menuju ke Bayang. Jalan ini akan kamu tempuh sekitar 63 km.

Di Bayang, belok kanan menuju Jalan Tembus Bayang-Alahan Panjang. Ikuti Jalan Tembus Bayang-Alahan Panjang sekitar 52 km. Setelah itu barulah kamu sampai di Alahan Panjang.

Rute dari pusat Padang-Alahan Panjang via Bayang ini memiliki panjang total sekitar 115 km dan waktu tempuh maksimal sekitar 2 jam 15 menit. Rute ini lebih pendek dan lebih cepat daripada rute alternatif melalui Jalan Raya Padang-Solok sekitar 139 km, dengan waktu tempuh maksimal sekitar 3 jam 30 menit.

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, rute ini juga memiliki nilai strategis untuk perekonomian dan distribusi BBM antara dua kabupaten.

Alahan Panjang sangat terkenal dengan kesejukan alamnya, sehingga tanaman sayur dapat hidup dengan bagus dan subur, oleh karna itu Sebagian besar Masyarakat di nagari Alahan Panjang berprofesi sebagai petani dan pedagang, mereka mengirim berbagai jenis sayuran ke luar kota hingga bahkan sampai ke luar negri. Rata rata petani di Alahan Panjang menanam berbagai macam jenis sayuran mulai dari bawang merah, kacang Panjang, buncis, tomat, cabe, kentang, ubi tanah, bawang putih, brokoli, markisah, terong Belanda dan sebagainya.

Ada juga Sebagian Masyarakat Alahan Panjang yang berprofesi sebagai nelayan, karna Alahan Panjang mempunyai tiga buah danau, yang dapat dijadikan sebagai mata pencarian Masyarakat yang tinggal di sekitar danau, tidak hanya untuk di konsumsi, ikan hasil tangkapan nelayan juga dapat di jadikan uang dengan cara dijual ke beberapa pasar yang ada di Alahan Panjang

Selain sebagai penghasil sayuran Alahan Panjang juga sangat terkenal sebagai tempat wisata, karna udara yang segar dan suhu yang sejuk, serta pemandangan yang sangat menagjubkan membuat wisatawan luar menjadikan tempat ini sebagai tempat yang sangat ideal untuk melarikan diri dari kebisingan kota. Pemandangan tiga buah danau yang disebut “danau diateh” dan “danau dibawah”,serta “danau talang” yang memiliki panorama yang indah di pandang mata, membuat wisatawan luar terkagum dengan keindahannya, serta dikelilingi oleh perbukitan dan nagari yang cocok sekali untuk para wisatawan untuk menikmati perjalanan sekaligus untuk berkemah bagi orang orang pencinta alam.

Selain pesona alamnya, Alahan Panjang dikenal dengan perkebunan teh yang luas dan hawa sejuknya. Di tengah hawa dingin yang bisa mencapai 12 derajat celsius di malam hari, berjalan-jalan sambil menyeruput kopi lokal atau teh hangat adalah kenikmatan tersendiri.

Kabut yang sering menyelimuti daerah ini menambah kesan seperti sedang berada di eropa dengan perbukitan hijau dan keindahan alam yang memukau,

Destinasi Wisata di Alahan Panjang memiliki beberapa Objek Wisata dan Homestay, seperti : Central Park (Camping Arena), Agrowisata Kebun Strowbery, Alahan Panjang Resort, Penginapan Danau Diatas, Hotel Gren Hill, Villa Kayu Putih, Hotel Kayu Putih, cambi hill, pulau indah, pimpiang dan sebagainya.

selain Daya Tarik Wisata dan Homestay, Desa Wisata Alahan Panjang Juga menpunyai Kuliner, seperti: Randang, Lamang hitam, ampiang dadieh, Bawang goreng, kripik kentang, dan dodol tomat (sedang dikembangkan).

banyaknya homestay dengan nuansa ala eropa yang membuat Alahan Panjang sangat cocok untuk tempat jalan jalan Bersama ke

luarga saat lebaran nanti.


Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS