Ticker

6/recent/ticker-posts

UNP Padang Lantik 2085Wisudawan Sesuai Prokes Covid19

 



Rektor UNP  Prof. Ganefri, P.hD  melantik sebanyak 2085 orang  wisudawan/wati  lulusan  yang  terdiri  26 persen dilantik secara daring dan 76 persen Luring yang terdiri dari Diploma III sebanyak  254 orang, S1 dan D4 kependidikan 1139 orang, S1 dan D4 non kependidikan 492 orang, Magister 169 orang, dan program Doktor 31 orang. 

 

Acara wisuda ke – 121 ini di gelar selama 3 hari di mulai pada tanggal 19 sd 21 Desember 2020, dan hari ini Rektor UNP prof. Ganefri, P.hD . pada hari ini melantik sebanyak  749 orang, Diploma III dan S1 Program Kependidikan dan Non Kependidikan pada Minggu 20 Desember 2020 di Auditorium universitas Negeri Padang, dan Selama  acara wisuda dilakukan dengan mengikuti  protokol kesehatan  pandemi  covid – 19 dengan ketat.       

 

Ganefri  mengatakan, kita tidak bisa meramal kapan pandemi covid – 19  akan berakhir, dan tentu kita tidak boleh kalah dengan kondisi-kondisi seperti ini, saya kira dengan kita mematuhi protokol kesehatan yang ketat insyaallah, penularan daripada covid – 19  ini, tidak menjadi klasteran  tersendiri  dan semua yang hadir diruangan ini mereka sebelumnya suda  di revittes  dan ada beberapa  calon wisuda itu reaktif yang tidak diizinkan,’’ ungkap Ganefri kepada pers seusai acara wisuda

 

Lebih lanjut Ganefri mengatakan,  ini model yang kita kembangkan secara terus menerus kedepan pelaksanaan wisuda secara blanding luring, bagi mereka yang menginginkan untuk daring kita fasilitasi tadi juga kita Lantik secara daring, mereka tampil masing-masing dilayar, saya kira juga tidak mengurangi kesakralannya. Sebagian besar para lulusan kita ini berharap sekali mereka sudah 4 tahun disini berusaha untuk menyelesaikan studinya dan mereka ingin dilantik secara resmi atau secara luring diauditorium ini, dan Alhamdulillah kita penuhi semua aspirasi dari pada mahasiswa kita.

 

Cara seperti ini, mungkin kedepan akan kita lanjutkan sejauh mana kita bisa mematuhi protokol kesehatan  tersebut, dan saya lihat juga kita memang menggunakan aturan yang sangat ketat sehingga para pendamping, keluarga atau orang tua tidak kita izinkan dan mereka  bersedia melampirkan hasil rapit test,  membuat surat pernyataan bersedia untuk tidak didampingi oleh keluarga, oleh orang tua, dan termasuk tidak membawa keluarga dan orang tua kekampus,”ucapnya

 

Ganefri  menyebutkan,  kita berangsur-angsur kalau pandemi semakin berkurang mungkin kita nanti bisa kembali seperti biasa kulia praktek luring, dan teori  tetap  daring, ini kita akan sosialisasikan dan kita beri pilihan kepada mahasiswa kita kalau mereka ingin daring kita siapkan,dan ingin luring kita siapkan juga kita disini menampung aspirasi mahasiswa kita, dan ini juga usaha kita untuk bagai mana kita hidup dalam new normal ( tatanan hidup baru ). Jadi kondisi covid-19 ini tidak ada  yang bisa  memprediksi,  walaupun sudah ada vaksin hari ini tapi masih banyak juga yang mempersoalkan, tapi yang jelas ahli-ahli penyakit menular  sudah ditemukan bagai mana virus ini menular dan sekarang kita jaga dan kita kawal bagai mana kita tidak tertular, dengan kita mematuhi protokol kesehatan seperti wajib  pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” ujarnya

Dalam kesempatan itu, Rektor menyebutkan pentingnya pendidikan merupakan tulang punggung kemajuan suatu bangsa maka perlu kita meng OptimalKan  Kemitraan Perguruan Tinggi dengan Pemerintah, Dunia Usaha dan Industri” .

Dimana Perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri (DUDI) merupakan aset nasional yang sangat menentukan bagi kemajuan bangsa. Apalagi jika di antara keduanya terdapat semacam simbiosis mutualisme (kerjasama yang saling menguntungkan), atau kemitraan.

Jika sebelumnya kemitraan fokus pada dunia usaha dan industri, Kemendikbud kini membuka peluang kemitraan pendidikan tinggi vokasi dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). UMKM berkontribusi menyerap hampir 97 persen lapangan pekerjaan," kata dia.

Dimana ada lebih dari 2.200 pendidikan tinggi vokasi yang setiap tahun menghasilkan angkatan kerja baru. Para lulusan pendidikan vokasi harus bisa diterima sebagai tenaga kerja di dunia usaha dan dunia industri, sedangkan kita punya peluang besar di UMKM, sebagai bagian dari unit usaha.

 

 

 

Dikatakan Ganefri,  saat ini UNP telah melakukan 76 kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri,  hasilnya adalah 126 Prototipe R & D, 10 judul protipe industri, 6 buah paten, 2 buah paten sederhana dan 4 judul produk inovasi.

Yang lebih penting ujar Ganefri,  efek dari adanya kerjasama perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri, yakni meningkatnya profesionalisme. Profesionalisme yang memiliki ciri-ciri keahlian (expertise), tanggung jawab (responsibility) dan kesejawatan (corporateness), merupakan bentuk nilai tambah atau pengembangan dari pekerjaan (vocation).

Diharapkan Para lulusan pendidikan vokasi ini, harus bisa diterima sebagai tenaga kerja di dunia usaha dan dunia industri, sedangkan kita punya peluang besar di UMKM, sebagai bagian dari unit usaha

Gubernur SUMBAR Irwan Prayitno dalam sambutannya melalui Daring menyampaikan   agar para lulusan UNP Padang yang wisuda pada hari ini untuk senantiasa mengembangkan ilmu pengetahuan dan inovasi sebagai darma bakti kepada negara Indonesia, untuk menciptakan rakyat yang mandiri dan berdaya saing tinggi, baik di era pandemi saat ini maupun pada masa pascapandemi kelak.

Dimana pendidikan karakter menjadi yang utama, saya mengapresiasi UNP dibawah Rektor dan jajarannya telah berupaya maksimal untuk menjadikan mahasiswa-mahasiswa di lingkup UNP dengan target berkarakter," kata Gubernur.

Modal untuk sukses ke depan adalah mempunyai karakter bekerja cerdas, semangat kuat, disiplin dan pekerja keras dengan tempaan dan binaan dari pendidikan serta lingkungan.

Ia berharap agar para wisudawan dan wisudawati juga memiliki karakter tersebut, menjadi matang dan mandiri.

Wisuda UNP Padang ke  121 ditutup dengan prosesi  penyerahan Tongkat alumni yang baru  kepada almamater  dari Rektor UNP Padang Ganefri  kepada ketua iluni UNP Padang.

#02

 

Post a Comment

0 Comments


SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS